10
Dec
08

Anti Korupsi Nge-Pop, Mau Kemana?

anti-korupsiHari ini, 9 Desember, diperingati sebagai Hari Anti Korupsi. Di KPK diselanggarakan sebuah peringatan yang sangat semarak, menghadirkan begitu banyak orang dan dimeriahkan oleh dua band ternama ibu kota, Gigi dan Slank. Sebuah upaya yang bisa dibilang populer, lebih-lebih sebelumnya KPK banyak membuat Sekolah Anti Korupsi. Acara yang berlimpah anak-anak muda di bilangan kuningan Jakarta tersebut kental dengan suasana populer, acara yang agak formal hanya deklarasi anti korupsi bersama kemudian langsung diramaikan oleh musik-musik dari ke dua band tersebut.

Bisa kita lihat nuansa populer di acara KPK tersebut dengan target anak-anak muda. Tentu pintu masuk ‘pop culture’ tentu isu anti korupsi yang dibuat KPK sangat menggema. Lalu pertanyaan berikutnya efektifkah itu? Atau jangan-jangan hanya populer KPK nya tapi korupsinya jalan terus?

dalam sebuah website kamus di internet mengaakan korupsi berasal dari bahasa latin, corruptio dari kata kerja corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik, menyogok. Dijelaskan pula, menurut ‘Transparancy International’ adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Kalau kita mau menilik lebih ke dalam sebenarnya korupsi adalah perilaku yang potensial ada di setiap diri manusia karena adanya hawa nafsu di dalam diri manusia. Hawa nafsu adalah keinginan untuk lebih dan ini sangat manusiawi. Masalahnya jika keinginan untuk lebih sangat besar sehingga tidak lagi menghiraukan norma-norma yang ada dan yang pasti akan merugikan kepentingan orang lain. Dengan persepsi ini maka korupsi adalah sesuatu yang jamak dan sekali lagi potensial di setiap manusia, terbukti dari banyak hal yang bisa kita saksikan di sekitar kita. Bila di lalu lintas banyak yang saling serobot jalur sehingga lalu lintas menjadi semrawut adalah contoh korupsi di jalanan, atau terlambat datang ke kantor itu juga merupakan bentuk korupsi. Maka kesimpulannya korupsi adalah sebuah sikap mental yang ada di diri manusia.

Semakin besar ia memiliki kuasa tentu kemampuan untuk melakukan korupsi besar juga, dan kuasa tidak datang begitu saja. Maka dari itu sikap mental untuk anti korupsi adalah proses yang berkesinambungan sejak manusia masih kecil. Bila memang kita pemerintah RI serius melakukan kampanye anti korupsi maka harus berada di ranah target pengubahan sikap mental anak bangsa. Ini adalah proses kerja yang sistemik, karena korupsi tidak terjadi dengan sendirinya tentu ada motivasi, ada kesempatan sehingga orang cenderung korupsi. Nah, hal itu bisa diatur sebaik mungkin dengan sebuah sistem sehingga motivasi dan kesempetan korupsi menjadi kecil. Contoh yang paling gampang adalah jangan buat orang selalu merasa kelaparan, karena orang yang lapar pasti akan agresif dan bisa melakukan apa saja.

Apakah promosi anti korupsi melalu jalur panggung musik mampu menyelesaikan orang-orang lapar di Indonesia. I dont think so, masih terlalu jauh. Melalui pemahaman yang dalam di setiap anak bangsa dan pengaturan sistem yang baik maka gerakan anti korupsi akan menjadi sebuah kesadaran bersama. Dan, itu adalah proses panjang dan harus sistemik. Artinya proses kampanye anti korupsi harus menyentuh jenjang hidup manusia Indonesia dari kecil dan bukan sebuah slogan tetapi sebuah pembentukan lingkungan bersih sehingga terbentuk sebuah kesadaran yang kuat dan akhirnya anti korupsi menjadi sebuah kebiasaan.


1 Response to “Anti Korupsi Nge-Pop, Mau Kemana?”


  1. December 9, 2009 at 9:25 am

    tiap tahun diperingati..
    tapii gada perubahannya juga ..

    bdw,,
    misi pinjem gambarnya yaa gan😀
    tengs XDD


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: