05
Aug
09

Liberalisme HMI ? (sebuah jawaban untuk HTI)

Hizbut Tahrir Indonesia dalam websitenya menulis sebuah artikel berjudul “Liberalisme HMI”. Sebuah kesimpulan yang tak beralasan karena berangkat dari sebuah kekritisan kader HMI di sebuah training di Tasikmalaya, Jawa Barat. HTI harus tau bahwa di sekian banyak organisasi Islam yang ada di Indonesia ini HMI adalah salah satu organisasi yang paling tua yang pernah lahir dan bertahan hingga hari ini. Sejarah panjang dan pergolakan yang ada di tubuh HMI membuat HMI menjadi organisasi yang terbiasa dengan berbagai opini, pendapat, dan pertarungan ide. HMI adalah sekumpulan anak-anak muslim kampus yang memiliki budaya kritis yang tinggi, karena HMI meyakini dan sadar bahwa amal tanpa ilmu adalah kesadaran palsu. Tak bisa seorang insan dihisab amalannya jika ia melakukan amal tersebut tanpa sebuah kesadaran (pengetahuan atau ilmu).

Tak heran dan tak aneh jika dalam setiap forum-forum training HMI selalu ada perdebatan-perdebatan mengenai berbagai hal, termasuk isu-isu Keislaman. HMI sangat menghargai proses yang dijalani oleh kader-kadernya. Nilai kemerdekaan yang ada pada setiap insan yang lahir di dunia sangat dihargai oleh HMI, begitu pula HMI menghargai kemerdekaan setiap kader-kadernya sebagai bagian dari upaya ikhtiyar yang panjang menuju Yang Maha Benar. Sebuah usaha yang tak putus-putus, tak lekang oleh waktu hingga nyawa dicabut dari jasad ini, proses yang berkesinambungan dari hari ke hari untuk mendapat ridho-Nya. Sekali lagi, terlalu cepat bagi HTI untuk menyimpulkan menjadi “Liberalisme HMI”.

Adik-adik saya yang kritis pada forum training itu adalah bagian dari masa depan ummat dan bangsa ini. Mereka sedang dalam upaya melatih diri, mereka sedang asik dengan berbagai pergolakan pemikiran khas anak muda, mereka sedang tumbuh, mereka sedang belajar. Peradaban dibangun dari berbagai macam perpaduan ide dan gagasan. Pada banyak kasus, ide atau gagasan tersebut tidak saja bertemu dengan ramah tetapi juga bertarung untuk akhirnya menjadi bagian dari buah peradaban manusia. Hanya yang merasa hijau yang akan terus berkembang, itulah kader HMI. Melalui kesempatan ini dengan hormat saya pribadi minta kepada Hizbut Tahrir Indonesia untuk memperbaiki artikel tersebut, demi masa depan ummat dan bangsa Indonesia yang lebih baik, insya Allah.


3 Responses to “Liberalisme HMI ? (sebuah jawaban untuk HTI)”


  1. 1 dede
    December 4, 2009 at 9:54 am

    ya kita saudara……

  2. 2 Abdul Rahman
    December 10, 2009 at 12:49 am

    Sebeanrnya kita tidak usah pusing dengan istilah liberalisme… jangan sampai kita terperangkap dengan kata-kata liberaslime. hal itu justru akan membunuh karakter kita atau justru memendamkn diri kita ke dalam bumi yang sangat dalam, sebagai umat muslim memang kita punya istilah sendiri, yaitu “SYARIAH”, dalam liberalisme itu sendiri sebenarnya kalau kita mau mencari titik positifnya dan kita laksanakan dengan amanah tanpa ada embel-embel untuk memperkaya sendiri saya yakin kok kita tidak akan terjerembab dalam kekufuran, silahkan anda cari sendiri dalam teori liberalisme karena saya yakin anda-anda semua yang dari HMI atau HTI sudah mempelajari semua teori yang ada di muka bumi ini. Mari kita saling jaga ukhuwah Islamiah diantara muslimn dan muslimat. Apakah seperti ini syariah yang anda dentumkan, anda ingat musuh Islam yang paling bahaya sebenarnya dari dalam umat Islam itu sendiri, yuk kita saling menjaga ukhuwah Islamiah demi tegaknya agama yang kita banggakan ini, amin

    • 3 okaaditya
      January 25, 2010 at 8:45 am

      Saya sepakat dengan mas Rahman, insya Allah itu yang selalu dipegang oleh HMI. Ukhuwah Islamiyah, tetap menjaga hubungan baik dengan semua elemen umat dan tak saling menjelekkan lebih-lebih di depan publik dan media umum.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: