05
Aug
14

Mission without Vision: Impossible

20140806-051040-18640161.jpg

Visi-Misi, dua kata yang sering digandengkan tapi tak banyak orang yang paham arti ketika keduanya dipisah. Lebih-lebih ketika pasangan kata itu semakin latah disampaikan saat musim kampanye kemarin. Padahal visi dan misi mempunyai makna yang berbeda pada masing-masing katanya tetapi memiliki relasi yang kuat ketika bersama. Mengapa begitu?

Visi dari bahasa inggris yang artinya pandangan. Bila kita berjalan kita harus bisa memangdang kemana tujuan kita berjalan. Jika tidak memiliki pandangan kepada tujuan lamgkah kita tidak akan pasti menuju kemana. Dengan adanya pandangan ke tujuan yang jelas maka langkah kaki kiri dan kanan akan seirama untuk mencapai apa yang kita targetkan sebagai tujuan.

Sedangkan misi adalah langkah yang harus diambil untuk mencapai visi kita tersebut. Ketika pandangan tujuan sudah didapat maka kita akan bergegas mengambil langkah pertama untuk menuju apa yang kita pandang (visi) tersebut. Langkah kita tersebut yang disebut dengan misi.

Visi tanpa misi jadinya mimpi di siang bolong. Misi tanpa visi jadinya jalan-jalan menghabiskan bensin. Begitulah pentingnya visi-misi sehingga dua kata itu sangat sering digandengkan. Jadi kalau ada politisi bicara visi-misi jangan mau dibohongin ya, tanya dengan detail mengenai visi-misi mereka. Salam.


0 Responses to “Mission without Vision: Impossible”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: